Media Sharing And Information

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday, January 8, 2019

Pengertian Intranet, Manfaat Intranet, Dan Perbedaan Intranet Dengan Internet


Selama ini kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan Internet. Jaringan yang selalu menemani kehidupan manusia tersebut mampu mengubah pola kebiasaan kita. Dengan Internet kita diberikemudahan yang tiada tara.

Butuh apa saja bisa langsung kita dapatkan secara singkat tanpa rempong sekalipun. Namun pernahkah Anda berfikir bahwa selain Internet ada Intranet yang cara kerjanya hampir mirim dengan internet? Untuk itu, inilah Pengertian Intranet, Manfaat Intranet, dan Perbedaan Intranet dengan Internet.

Pengertian Intranet

Intranet adalah sekumpulan jaringan komputer yang cukup besar dan bersifat private yang dihubungkan dengan menggunakan protokol – protokol TCP/IP.
Intranet sering digunakan oleh intansi atau lembaga yang dimanfaatkan sebagai pemberitahuan informasi rahasia kepada para pegawai atau karyawan. Sehingga intranet memiliki batasan pemakaian sesuai aturan yang diberlakukan atau tidak semua orang dapat mengaksesnya.
Lalu apa sajakah Manfaat Intranet itu?

Manfaat Intranet
Era sekarang pemanfaatn teknologi intranet sudah cukup meluas. Karena beberapa instansi seperti sekolah sudah mulai memakainya. Dengan tersebarnya teknologi ini, tentu mereka sadar akan manfaat yang ditawarkannya. Sehingga bukan tidak mungkin intranet dapat menguasai pasar sama halnya internet.

Secara umum manfaat utama dari intranet adalah untuk menghubungkan komputer dalam jumlah yang banyak dan terdiri dari server dan host. Manfaat lainnya intranet memudahkan penggunanya untuk berbagi data atau melakukan transfer data. Bukan hanya itu saja, tapi intranet juga dapat meningkatkan produktifitas serta mempermudah interaksi data dalam satu perusahaan atau instansi.
Dengan manfaat diatas maka secara tidak langsung dampak yang didapatkan adalah penghematan biaya serta efisiensi waktu yang cenderung sangat cepat.

Jika seperti itu, apa perbedaan Intranet dan Internet?

Perbedaan Intranet Dengan Internet
Secara fungsi dan kasat mata intranet dan internet merupakan perangkat yang sama-sama menghubungkan komputer. Tapi secara pola kerja intranet dan internet sangatlah berdeba, berikut penjelasannya.

Intranet:
Sifat intranet sangat tertutup dan pribadi golongan tertentu. Penggunanya bisa mensetting siapa saja yang dapat melihat atau mengakses data. Tentunya keamanan data juga lebih terjaga, terutama data yang bersifat rahasia.

Jangkauan jaringan intranet terbatas hanya pada satu lingkup saja, bisa untuk perusahaan, organisasi, atau instansi lain.

Karena memiliki jangkauan dalam lingkup yang terbatas maka kinerja komputer server tidak terlalu berat biasanya hanya diperlukan 1 komputer server saja.

Internet:
Sifat internet sangat terbuka dan diamana saja dengan syarat pengguna harus tetap dapat terkoneksi jaringan internet, maka proses dapat dilakukan. Dilihat dari lingkup jangkauan, jaringan internet sangat luas bahkan tidak terbatas hingga dapat diakses oleh seluruh dunia.

Oleh karena itu, jangkauan yang sangat luas dan tidak terbatas maka server yang digunakan juga tidak hanya satu. Ini disebabkan karena server dapat menampung jutaan pengguna dalam waktu yang bersamaan.

No comments:

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman