Media Sharing And Information

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday, April 22, 2018

Earth Day atau Hari Bumi 2018 || Begini Cara Merayakannya

Doc. id.wikipedia.org

22 April merupakan hari yang dicanangkan dan diperingati secara internaisonal sebagai Earth Day atau Hari Bumi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran dan suatu apresiasi terhadap salah satu planet yang dihuni jutaan umat manusia yaitu Bumi. Earth Day atau Hari Bumi dicanangkan sejak tahun 1970 oleh Senator Amerika Gaylord Narson.

Berhubungan dengan peringatan tentu kita akan memikirkan apa saja yang harus dan perlu dilakukan untuk memperingati hari istimewah itu. Apalagi, ini menyangkut tentang Bumi. Banyak cara untuk melakukan dan memperingati Earth Day atau Hari Bumi dengan mudah diantaranya:

1. Membersihkan Sampah
Kegiatan ini dapat dilakukan oleh semua kalangan untuk memperingati Earth Day atau Hari Bumi. Kita dapat menggerakkan warga atau tetangga untuk gotong royong membersihkan lingkungan agar terbebas dari sampah. Kita tahu sampah dapat merusak kondisi bumi. Keberadaan sampah di Bumi dapat saja memberikan dampak negatif sebagai hukuman atas apa yang dilakukan oleh manusia terhadap planet Bumi. Maka gerakan kecil membersihkan sampah dapat dijadikan sebagai salah satu kegiatan untuk memperingati Earth Day atau Hari Bumi.

2. Penghijauan Lahan
Bumi merupakan planet yang menjanjikan kenyamanan dan kenikmatan atas kekayaan alamnya. Namun, perkembangan ekonomi dan teknologi justru dapat mengancam keberadaan Bumi. Sebab, Bumi yang kita huni ini memberikan lahan yang sangat bermanfaat untuk dijadikan suatu lahan basah untuk memperkaya atas kekayaan alamnya. Banyak kasus yang memberitakan tentang eksploitasi alam secara besar-besaran, mulai dari penebangan hutan, pemerataan bukit-bukit untuk dijadikan lahan bisnis, dan pengerukan secara brutal bahan mentah yang terdapat di bawah Bumi. Adakalanya, di hari Earth Day atau Hari Bumi menyempatkan waktu untuk melakukan penghijauan atas kerusakan yang telah dilakukan oleh manusia itu sendiri. Kegiatan ini sangat mendukung akan keberlangsungan kekayaan Bumi itu sendiri. Belum lagi, penghijauan dapat menanggulangi bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

3. Gerakan Sehari Tanpa Mutan Jalan Raya
Yang dimaksut dengan Gerakan Sehari Tanpa Mutan Jalan Raya adalah sehari tanpa kendaraan bermotor. Kita tahu asap yang dihasilkan oleh kendaraan motor / mutan jalan raya dapat mengurangi dan menipiskan lapisan ozon di atmosfer. Akibatnya, suhu yang ada di Bumi semakin memanas kerena lapisan ozon semakin menipis. Meski sulit untuk menyelenggarakan, sebagai manusia seharusnya memiliki kesadaran diri demi keberlangsungan bumi yang lebih aman. Apalagi, Earth Day atau Hari Bumi di tahun 2018 bertepatan pada hari libur kerja atau aktivitas yaitu hari minggu.

No comments:

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman